7 Cara Agar Pemilik WIFI Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya Mudah

Cara Agar Pemilik WIFI Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya penting untuk diketahui untuk menhaga pprivasi dan keamanan pengguna. Ini juga memungkinkan pengguna untuk menjelajahi internet tanpa khawatir pemantauan atau palajakan aktivitas online mereka.

Agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history penggunanya, terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan, seperti menggunakan VPN, mode penyamaran atau incognito mode, menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya, dan menghapus riwayat pencarian.

Dengan memanfaatkan cara tersebut, pengguna akan memiliki kontrol atas privasi online yang dilakukan dan memiliki rasa kepercayaan yang lebih besar terhadap jaringan WiFi yang digunakan.

Apakah Bisa Pemilik WIFI Melihat History dari Penggunanya?

Jika ingin menggunakan WiFi publik dan ingin tetap terhubung ke jaringan tersebut, tentu kamu pernah bertanya “Apakah bisa pemilik WiFi melihat histroy dari penggunanya?”.

Jadi pemilik WiFi bisa melihat riwayat penggunaan jaringannya terutama jika mereka memiliki perangkat lunak yang memungkinkan pemantauan aktivitas jaringan.

Karena beberapa router atau perangkat jaringan menyediakan fitur untuk melihat log aktivitas jaringan, mencatat waktu dan detail aktivitas pengguna, seperti situs web yang dikunjungi, perangkat yang terhubung, atau jumlah data yang digunakan oleh setiap perangkat.

Cara Agar Pemilik WIFI Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Cara Agar Pemilik WIFI Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya
Cara Agar Pemilik WIFI Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Terdapat beberapa cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya, salah satunya adalah menggunakan Virtual Private Network (VPN). Untuk mengetahui metode lainnya, perhatikan penjelasan pada informasi dibawah ini selengkapnya.

1. Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

Menggunakan Aplikasi VPN (Virtual Private Network)
Menggunakan Aplikasi VPN (Virtual Private Network)

Virtual Private Network (VPN) adalah teknologi jaringan yang bisa menyembunyikan alamat IP pengguna pada saat mengakses alamat IP tertentu.

Cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya paling umum yaitu memanfaatkan VPN. Dengan menggunakan VPN ini, maka lalu lintas internet kamu akan dienkripsi sehingga oenelusuran menjadi lebih aman dan private atau bersifat rahasia.

2. Gunakan Mode Incognito

Menggunakan mode penyamaran atau incognito mode juga termasuk cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya.

Baca Juga :  Merk Air Mineral Terbaik Di Indonesia

Icognito adalah salah satu fitur yang dapat ditemuin pada Google Chrome. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penelusuran internet secara pribadi.

Artinya, hasil penelusuran internet tidak akan bisa terbaca oleh orang lain, bahkan operator pemilik WIFI. Jika ingin mengaktifkan incognito mode ini ikuti langkah berikut :

  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan Google Chrome.
  • Pilih jendela samaran baru atau incognito.
  • Otomatis penelusuran kamu internet tidak akan terbaca lagi.

3. Perhatikan Pengaturan Privasi Browser

Beberapa browser memiliki pengaturan privasi yang dapat disesuaikan oleh pengguna untuk meningkatkan keamanan privasi saat online.

Cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya, pastikan untuk memeriksa pengaturan privasi browser dan aktifkan fitur-fitur penting seperti “Do Not Track” atau “Privacy Mode”.

Dengan mengaktifkan kedua fitur tersebut, aktivitas online yang kamu lakukan tidak dapat dilacak oleh pihak yang tidak diinginkan termasuk pemilik WIFI yang terhubung di perangkat ponselmu.

4. Menggunakan Aplikasi Brave

Aplikasi Brave
Aplikasi Brave

Brave adalah aplikasi browser yang menawarkan fitur bermanfaat untuk kenyamanan browser, mulai dari VPN, search tanpa pelacakan, ads block, dan beragam fitur lainnya.

Melalui aplikasi Brave pengguna dapat merahasiakan riwayat penelusuran internet agar tidak terbaca oleh operator atau pemilik WiFi. Akan tetapi pastikan kamu mengaktifkan fitur VPN dan Brave Search terlebih dahulu.

5. Gunakan Layanan DNS Pribadi

Layanan DNS pribadi seperti Google Public DNS atau Cloudflare DNS dapat membantu pengguna menyembunyikan riwayat penelusuran dari pemilik WiFi.

Dengan menggunakan DNS, informasi mengenai situs web yang diakses dan alamat IP yang dituju tidak akan terlihat oleh penyedia layanan internet maupun penyedia DNS publik.

Google memperkenalkan dukungan DNS pribadi TLS di Andoid, memungkinkan penggunanya untuk menggunakan DNS pribadi di ponsel.

Untuk memiliki akses ke server DNS pribadi agar cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Pengaturan dan pilih Koneksi.
  • Klik Pengaturan Koneksi Lainnya.
  • Pilih DNS Pribadi.
  • Ketuk nama host penyedia DNS pribadi.
  • Masukkan alamat layanan DNS pribadi yang ingin digunakan.

6. Menggunakan Aplikasi Tor Browser Android

Aplikasi Tor Browser Android
Aplikasi Tor Browser Android

Cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Tor Browser Android.

Dengan aplikasi ini alamat IP dan riwayat penelusuran akan ditutupi. Keamanan jaringannya lebih tinggi karena browser Tor beroperasi pada jaringan yang aman dan terenkripsi. Melalui hal tersebut, operator atau pemilik WiFi tindakan menemukan riwayat history.

Baca Juga :  Hp Ram 8gb Dibawah 2 Juta Terbaru 2024

7. Menghapus Riwayat Pencarian

Siapa sangka, ternyata cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya juga dapat dilakukan dengan menghapus riwayat pencarian. Meski tidak terlalu efektif dilakukan, namun melalui hal ini kamu bisa mencegah riwayat penelusuran terbaca oleh operator maupun orang lain.

Akan tetapi penting untuk diketahui, pastikan selalu menghapus riwayat penelusuran internet kamu setelah terhubung dengan WiFi umum atau milik orang lain setelah menggunakannya. Berikut adalah cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya degan menghapus riwayat pencarian :

  • Masuk ke browser Google Chrome di ponsel.
  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan ata.
  • Pilih opsi Riwayat atau History.
  • Akan muncul riwayat aktivitas browsing yang tersimpan, klik Clear browsing data atau hapus data penjelajahan.
  • Pilih rentang waktu yang ingin dihapus.
  • Pilih riwayat data yang ingin dihapus, seperti riwayat penjelajahan.
  • Klik Hapus data.
  • Otomatis riwayat pencarian dan aktivitas browsing akan terhapus.

Cara Membobol Password WiFi Tanpa Ketahuan

Agar bisa terhubung ke jaringan WiFi maka pengguna harus mengetahui password dari WiFi tersebut. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membobol password WiFi tanpa ketahuan.

Namun jika sudah terhubung ke jaringan WiFi yang di bobol, pastikan melakukan cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya.

Menggunakan Aplikasi WiFi Warden

Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mencari tahu password Wifi yaitu Wifi Warden. Karena hanya dengan memastikan aplikasi ini terpasang dengan baik di perangkat, maka WiFi akan terhubung ke perangkat.

Berikut adalah panduannya :

  • Unduh atau Install aplikasi Warden melalui Play Store.
  • Setelah berhasil, buka aplikasi Wifi Warden.
  • Pilih menu Signals.
  • Pilih salah satu alamat wifi dan klik Connect via WPS.
  • Lanjutkan dengan mengklik Calculate PIN.
  • Pilih opsi Try All PIN di pjok kanan bawah.
  • Otomatis WiFi akan terhubung ke perangkat.

Melalui WiFi Map

Untuk membobol password Wifi kamu bisa menggunakan aplikasi WiFi Map. Karena aplikasi ini belum tersedia di Play Store jadi kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui pencarian Google. Berikut adalah langkah caranya :

  • Download WiFi Map terlebih dahulu.
  • setelah berhasil terpasang, buka aplikasi Wifi Map.
  • Kik accept > Next > enable location.
  • Pada layar akan muncul jaringan wifi yang tersedia, pilih salah satu yang ingin di bobol.
  • Lalu klik Unlock Password.
  • Otomatis akan muncul password wifi tersebut, silahkan copy dan paste di settingan wifi.
Baca Juga :  6 Cara Check In Online Lion Air, Perhatikan Syaratnya Terbaru

Menggunakan Konfigurasi IP Address

Cara paling sering digunakan para pembobol password WiFi yaitu memanfaatkan konfigurasi IP Address. Metode ini berlaku bagi pengguna WiFi router modem, misalnya indihome dan jaringan @wifi.id.

Apabila kamu memilih @wifi.id maka harus connect ke alamat ini IP. Pada halaman ini kamu harus mengganti IP Address yang biasa terrtulis 192.168.1.1 menjadi 192.168.1.2.

Setelah itu, masuk ke browser dan ketik pada mesin penelusuran http//:192.168.1.254. Apabila halaman login keluar, silahkan masukkan username dan password dengan memilih kata ADMIN atau USER.

Penting untuk diingat, username dan password harus sama. Misalnya username yang dibuat ADMIN maka password-Nya juga harus ADMIN. Pastikan juga melakukan cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya.

Tips Agar Pemilik WIFi tidak bisa Melihat Histrory dari Penggunaannya

Untuk Menjaga privasi penggunaan internet agar pemilik WIFI tidak bisa melihat riwayat penggunaan kamu, ada beberapa langkah yang bisa diambil dengan mudah dan praktis.

  • Gunakan VPN Terpercaya – VPN mengenkrisi seluruh lalu lintas internet pengguna, sehingga pemilik WiFi tidak bisa melihat situs yang dikunjungi atau data yang dikirim dan diterima.
  • Menggunakan HTTPS – Pastikan kamu selalu menggunakan situs yang memiliki protokol HTTPS. Ini akan mengenkripsi data antara browser kamu dan situs web, membuatnya sulit bagi pemilik WiFi untuk melihat isi dari halaman web yang dikunjungi.
  • Mode Incognito / Private Browsing Aktifkan mode penyamaran atau penjelajahan pribadi di browser agar tidak menyimpan riwayat penjelajahan kamu di perangkat.
  • Hindari Menggunakan Jaringan WiFi untuk Aktivitas Sensitif – Untuk transaksi keungan atau aktivitas sensitif lainnya, gunakan koneksi internet pribadi atau seluler yang lebih aman.
  • DNS yang Aman – Gunakan DNS over HTTPS untuk mengenkripsi permintaan DNS. Layanan seperti Cloudflare (1.1.1.1) dan Google (8.8.8.8) mendukung DoH.
  • Pakai Tor Browser – Tor Browser mengenkripsi dan merutekan lalu lintas internet melalui jaringan Tor yang terdiri dari beberapa relai yang dikelola sukarelawan di seluruh dunia. Ini akan membuat aktivitas kamu sulit dilacak.

Postingan Menarik Lainnya : 17+ Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP, Sangat Mudah

Kesimpulan

Cara Agar Pemilik WIFI Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya
Cara Agar Pemilik WIFI Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Jadi cara agar pemilik WIFI tidak bisa melihat history dari penggunanya ini bisa dilakukan dengan dan tanpa menggunakan aplikasi. Meski dikatakan dapat melindungi informasi pribadi yang dimiliki, kamu juga harus tetap waspada dan hindari melakukan penelusuran yang dapat mencekam diri sendiri.

Selamat Mencoba!

Artikel Menarik Lainnya