7 Susunan Acara Ulang Tahun Anak yang Berkesan

Perayaan ulang tahun anak akan meninggalkan memori indah untuk anak dan setiap tamu, karenanya orang tua perlu memperhatikan susunan acara ulang tahun anak agar acara berjalan sesuai rencana.

Saat anak bertambah usia, orang tua akan merencanakan pesta sederhana hingga mewah sekalipun. Momen setahun sekali ini memang perlu untuk menciptakan kenangan antara anak dan orang tua. Jika dalam waktu dekat anda ingin merayakan momen berharga ini, pastikan menyusun rangkaian acara terlebih dahulu. Berikut susunan acara ulang tahun yang umumnya digunakan!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyusun Acara Ulang Tahun Anak

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyusun Acara Ulang Tahun Anak
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyusun Acara Ulang Tahun Anak

Sebelum lebih jauh membahas susunan acara ulang tahun anak, pastinya anda harus menyiapkan beberapa hal sebagai inti dari acara tersebut. Lantas apa saja sih yang perlu diperhatikan sebelum perayaan ulang tahun? Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

  1. Tema Pesta. Untuk mempersiapkan dekorasi, terlebih dahulu anda harus menetapkan tema pesta. Orang tua dapat memilih atau sesuai keinginan anak
  2. Tempat dan Waktu. Tentukan tempat acara, tanggal dan waktu jauh-jauh hari supaya para tamu dapat mengatur jadwal untuk menghadiri pesta.
  3. Undangan. Tentukan siapa saja yang menjadi tamu undangan, seperti teman sekolah dan tetangga anda. Lalu kirimkan undangan maksimal H-5 acara.
  4. Dekorasi: Jika sudah memilih tema, selanjutnya anda bisa berkreasi atau menggunakan jasa dekorasi ulang tahun untuk menyempurnakan acara
  5. Hidangan dan Camilan: Tentukan makanan dan minuman apa saja yang ingin anda sajikan selama pesta. Sediakan juga camilan yang menarik dan disukai anak pada umumnya.
  6. Kue Ulang Tahun: Pesankan kue ulang tahun dan perintilannya, pastikan selaras dengan tema
  7. Games: Di dalam ulang tahun anak harus ada permainan untuk menghindari rasa bosan dan kantuk
  8. Hadiah Ulang Tahun: Siapkan hadiah yang akan diberikan pada anak
  9. Tema Pakaian: Pastikan anda sudah mengumumkan tema pakaian sesuai tema pesta
  10. Souvernir: Siapkan souvenir kepada tamu undangan, tidak harus mewah anda bisa memasukkan mainan, jajanan atau permen-permen kecil yang disukai anak-anak pada umumnya.
  11. Pembaca Acara: Tetapkan MC untuk memandu acara dari awal hingga akhir
  12. Fotografer: Untuk mengabadikan momen berharga anda bisa menggunakan jasa fotografer
  13. Perlengkapan pesta: Siapkan perlengkapan pesta, mulai dari piring, sendok, kursi, meja sesuai dengan jumlah tamu undangan
  14. Susunan Acara: Buat susunan acara ulang tahun dengan mempertimbangkan tema pesta dan durasi acara
Baca Juga :  10+ List Game Tersulit di Dunia yang Cocok untuk Pecinta Tantangan

Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Susunan Acara Ulang Tahun Anak
Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Susunan acara ulang tahun anak yang terencana berperan penting untuk kelancaran acara. Jika anda sudah mempersiapkan tema, tempat, mengirim undangan kepada para tamu saatnya merencanakan susunan acara dari awal hingga selesai.

Namun perlu diingat kembali, susunan acara ulang tahun anak bisa berbeda-beda sesuai konsep yang direncanakan. Maksudnya, jika anda ingin merayakan secara sederhana bersama anggota inti keluarga maka perlu menghilangkan beberapa poin, misalnya undangan, MC, atau jasa dekorasi.

Sesuai penjabaran diatas, maka berikut susunan acara ulang tahun anak yang bisa anda gunakan:

  • Menyambut Tamu Undangan
  • Pembuka Acara dan Sambutan Keluarga
  • Acara Inti
  • Makan Bersama
  • Foto Bersama dan Games
  • Penutupan dan Doa
  • Bersalaman dan Pembagian Souvernir

Berikut Penjelasan dari susunan acara ulang tahun anak.

1. Menyambut Tamu Undangan

Dalam susunan acara ulang tahun anak harus ada sambutan kepada tamu undangan. Sebagaimana konsep pesta pada umumnya, tuan rumah harus siap sedia menyambut tamu karena di momen ini tamu juga akan memberikan kado ulang tahun. Orang tua yang sebaiknya menyambut tamu supaya setiap momen lebih hangat.

2. Pembuka Acara dan Sambutan Keluarga

Jika tamu undangan sudah dipersilahkan duduk, MC akan mengambil alih untuk membacakan susunan acara ulang tahun anak. Namun terlebih dahulu MC membuka acara dengan memperkenalkan diri dan membacakan inti acara yang meliputi tema, perayaan ulang tahun sesuai umur anak dan harapan-harapan lain selama acara.

Pada tahap ini orang tua selaku inti acara memberikan sambutan kepada tamu. Sambutan bisa diawali ucapan terimakasih karena meluangkan waktu dan sambutan hangat supaya tamu lebih enjoy mengikuti acara demi acara.

3. Acara Inti

Acara Inti
Acara Inti

Dalam susunan acara ulang tahun anak harus ada acara inti yang meliputi doa bersama dan memotong kue. MC akan memandu setiap acara, anda juga bisa meminta bantuan tokoh agama atau kerabat untuk memimpin doa.

Sebagai inti dari acara, momen tiup lilin dan memotong kue tidak boleh dilewatkan. Anak akan dituntun untuk tiup lilin dan memotong kue, lalu potongan kue akan diberikan kepada orang tua dan tamu-tamu undangan. Jangan lupa abadikan dengan memotret momen berharga tersebut.

Baca Juga :  8 Distributor Oli Motor Semua Merk Terkenal Di Indonesia

Setelah itu MC mempersilahkan keluarga menyampaikan harapan, nasehat, dan memberikan kado yang dipersiapkan. Hal inilah yang paling disenangi anak dan menjadi momen yang tidak akan terlupakan.

4. Makan Bersama

Susunan acara ulang tahun anak selanjutnya yaitu makan bersama sesuai hidangan yang dipersiapkan. Dalam hal ini pertimbangkan estimasi waktu pembukaan acara hingga makan bersama. Karena mayoritas undangan adalah anak-anak, pastikan mereka tidak melewatkan jam makan.

5. Foto Bersama dan Games

Selanjutnya adalah foto bersama dan games ulang tahun. Dalam hal ini MC akan memandu fotografer untuk mengabadikan momen anak bersama orang tua, keluarga, dan para tamu undangan. Jika sudah, persiapkan berbagai games dan keseruan lain.

Belakangan ini bermain pinata sangat populer dikalangan anak-anak hingga remaja. Pinata merupakan permainan yang digantung di ketinggian tertentu lalu dipukul dengan tongkat penghancur untuk memecahkan bagian pinata. Namun sebelum itu, anda perlu memesan pinata dan merencanakan isinya. Biasanya permen bungkus dan cokelat adalah pilihan tepat didalam pinata.

Selain itu, anda bisa memilih permainan yang lain sesuai usia anak dan tamu undangan. Pilihan games yang dapat membangkitkan keseruan pada anak seperti lomba melukis, oper balon hingga kuis berhadiah.

6. Penutupan dan Doa

Jika serangkaian acara telah selesai, MC akan menutup sembari mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf bilamana ada tutur kata yang salah selama acara. Tuan rumah juga bisa menambahkan ucapan terima kasih dan say goodbye yang diakhiri doa penutup.

7. Bersalaman dan Pembagian Souvenir

Akhiri susunan acara ulang tahun anak dengan berjabat tangan dan mengucapkan terimakasih secara langsung. Di momen ini keluarga memberikan souvenir sebagai kenang-kenangan agar tamu dapat mengingat acara spesial tersebut.

Baca Juga :  14 Rekomendasi Bot Telegram Cari Teman Terbaru 2024

Ketahui juga Film Action Terbaik Rating Tertinggi

Pilihan Kado untuk Anak dan Souvenir Ulang Tahun

Pilihan Kado untuk Anak dan Souvenir
Pilihan Kado untuk Anak dan Souvenir

Selain mengupas tuntas susunan acara ulang tahun anak, tentu anda perlu memikirkan beberapa hal yang merupakan inti dari perayaan tersebut. Selain memastikan acara berlangsung baik, pastikan anda memilih kado untuk anak dan souvenir yang akan dibagikan untuk tamu.

1. Pilihan Kado Ulang Tahun untuk Anak

Berikut yang menjadi rekomendasi hadiah ulang tahun untuk anak, sederhana dan berkesan:

  • Set mainan/puzzle
  • Buku cerita
  • Alat musik sederhana
  • Alat mewarnai
  • Tablet edukatif
  • Sepeda
  • Boneka
  • Sepatu anak
  • Jam tangan anak
  • Peralatan sekolah
  • Tiket liburan bersama keluarga
  • Set pakaian
  • Skateboard
  • Mainan mobil
  • Robot-robotan

2. Rekomendasi Souvernir Ulang Tahun Anak

Sedangkan untuk souvenir yang akan diberikan pada tamu anda bisa mempertimbangkan satu diantara rekomendasi berikut:

  • Permen dan Chiki
  • Tumbler
  • Notes dan Pulpen
  • Peralatan Melukis
  • Tas Lipat
  • Payung mini
  • Tempat pensil
  • Handuk kecil
  • Kotak bekal
  • Celengan anak
  • Mug lucu
  • Mainan lego

Penutup

Susunan Acara Ulang Tahun Anak
Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Dengan membuat susunan acara ulang tahun anak yang tepat, anda dapat memastikan ulang tahun anak menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan bagi mereka. Ketika anak menikmati dan merasa bahagia selama ulang tahun, momen ini akan diingat di tahun-tahun mendatang.

Artikel Menarik Lainnya