10 Cara Mengetahui HP Disadap: Waspadai Ciri-Ciri Ini!

Cara Mengetahui HP Disadap merupakan langkah penting yang harus diketahui untuk memastikan perangkat yang digunakan terhindar dari tindakan kejahatan dan melindungi data pribadi dari akses yang tidak sah.

Secara umum, handphone yang disadap akan memunculkan ciri-ciri yang tidak wajar, seperti munculnya notifikasi atau bunyi tidak wajar selama panggilan berlangsung.

Untuk mengetahui informasi cara mengetahui Hp disadap selengkapnya, silahkan simak penjelasan pada artikel ini sampai selesai ya!

Cara Mengetahui HP Disadap

Cara Mengetahui HP Disadap
Cara Mengetahui HP Disadap

Saat smartphone yang digunakan disadap, biasanya akan menunjukkan ciri-ciri umum yang tidak wajar, seperti munculnya notifikasi atau penggunaan baterai yang terus meningkat. Agar tetap waspadai, sebaiknya kenali cara mengetahui Hp disadap dibawah ini selengkapnya!

1. Muncul Notifikasi Pemberitahuan

Muncul Notifikasi Pemberitahuan
Muncul Notifikasi Pemberitahuan

Cara mengetahui Hp disadap paling umum yaitu munculnya notifikasi pemberitahuan aneh pada layar. Notifikasi tersebut mungkin berasal dari aplikasi yang tidak dikenal, berisi tautan berbahaya, atau peringatan tentang aktivitas mencurigakan, seperti percobaan login yang gagal.

Meskipun tidak selalu pasti, notifikasi aneh ini bisa menandakan adanya perangkat lunak berbahaya atau upaya pencurian data.

2. Peningkatan Penggunaan Baterai

Ketika ponsel yang disadap, aplikasi atau program berbahaya akan berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan pengguna, menggunakan sumber daya seperti CPU dan jaringan dapat menguras baterai dengan cepat.

Apabila baterai ponsel yang dimiliki tiba-tiba lebih cepat habis dari biasanya, meskipun tidak menggunakannya secara intensif, segera periksa daftar aplikasi yang berjalan dan cek aktivitas jaringan yang mencurigakan.

3. Bunyi Tidak Wajar Selama Panggilan

Jika kamu mendengar bunyi yang tidak wajar selama melakukan panggilan, ini bisa menjadi tanda bahwa hp yang digunakan sedang disadap. Bunyi yang biasa muncul seperti gema, klik, atau suara elektronik lainnya yang tidak biasa.

Hal ini bisa disebabkan oleh perangkat lunak berbahaya yang memantau atau merekam panggilan kamu secara diam-diam.

Baca Juga :  10+ Rekomendasi Eyeliner Waterproof Terbaik Tahan Lama

Jika kamu merasa curiga, pastikan untuk memeriksa aplikasi dan proses yang berjalan di latar belakang selama panggilan, dan periksa apakah ada aplikasi pihak ketiga yang memiliki izin mengakses mikrofon atau panggilan telepon.

4. Aktivitas Mencurigakan

Cara mengetahui Hp disadap selanjutnya adanya aktivitas mencurigakan terhadap aplikasi yang tidak biasa, seperti berhenti secara tiba-tiba atau aplikasi terbuka sendiri. Perubahan pada pengaturan izin aplikasi juga dapat menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Meskipun tidak selalu pasti, cara mengetahui hp disadap dengan aktivitas yang mencurigakan ini bisa menandakan bahwa ponsel yang dimiliki telah terinfeksi oleh perangkat lunak berbahaya. Hal ini memungkinkan pihak yang tidak sah memantau atau mengakses data.

5. Muncul Iklan dan Pesan Aneh

Muncul Iklan dan Pesan Aneh
Muncul Iklan dan Pesan Aneh

Cara mengetahui Hp disadap yaitu muncul iklan dan pesan aneh dari nomor yang tidak diketahui. Iklan yang tiba-tiba muncul di layar, terutama jika tidak relevan dengan aplikasi yang digunakan, itu menandakan adanya adware yang memasang iklan tanpa izin pengguna.

Selain itu, pesan aneh seperti peringatan keamanan palsu atau permintaan izin akses yang tidak lazim, bisa menjadi tanda bahwa ponsel sedang disadap atau terkena serangan malware.

6. Apikasi Tidak Dikenal Ter-Install

Aplikasi yang muncul secara otomatis tanpa seizin pengguna termasuk upaya perangkat lunak jahat untuk mengumpulkan data atau mengendalikan perangkat yang digunakan. Ini merupakan cara mengetahui Hp disadap paling mudah.

Ini bisa menjadi tanda bahwa perangkat telah terinfeksi oleh malware atau ada aktivitas mencurigakan yang terjadi di latar belakang.

7. Peningkatan Penggunaan Data

Memantau penggunaan kuota internet menjadi salah satu cara mengetahui hp disadap. Biasanya, aplikasi penyadap yang diinstal diam-diam oleh hacker akan menguras kuota internet yang dimiliki.

Karena beberapa aplikasi akan berjalan di background untuk mengambil berbagai informasi di ponsel, dan mengirimkannya ke server tanpa sepengetahuan pengguna Hp.

8. Gagal Login ke Beberapa Aplikasi

Gagal login ke beberapa aplikasi merupakan cara mengetahui hp disadap yang bisa kamu waspadai. Perangkat lunak berbahaya atau peretasan mungkin mencoba mencuri informasi login kamu atau mengganggu koneksi internet sehingga menyebabkan gagal login.

Jika kamu mengalami masalah itu secara konsisten pada beberapa aplikasi, disarankan untuk cek notifikasi email untuk memeriksa apakah keamanan pada aplikasi sedang diperbaharui hacker.

Cara Mengatasi HP Disadap Dengan Mudah

Untuk mengatasi masalah diatas, diperlukan beberapa tindakan agar keamanan data yang ada di dalam perangkat lebih terjaga. Adapun beberapa cara mengatasi handphone disadap, silahkan simak penjelasan dibawah ini selengkapnya.

Baca Juga :  8 Aplikasi Penghasil Koin TikTok Gratis Lengkap Dengan Caranya

Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Menghapus atau uninstall aplikasi yang mencurigakan merupakan langkah pertama dalam mengatasi hp yang disadap. Karena aplikasi tersebut sumber perangkat lunak berbahaya yang akan memantau atau mengendalikan perangkat pengguna.

Dengan menghapus aplikasi tersebut, kamu dapat memotong akses aplikasi berbahaya ke data dan fungsi perangkat. Namun sebelum menghapus aplikasi, pastikan memindai data yang terdapat di dalamnya untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Ganti Kode Keamanan

Mengganti kode keamanan pada ponsel termasuk langkah penting dalam mengamankan perangkat dari aktivitas mencurigakan termasuk kemungkinan penyadapan.

Karena dengan mengganti kode keamanan, kamu dapat membatasi akses tidak sah ke perangkat dan melindungi data pribadi secara keseluruhan. Jika memungkinkan, kamu bisa mengaktifkan verifikasi login akun apabila aplikasi yang di hack mendukung fitur verifikasi dua faktor.

Aktifkan Mode Device Care

Aktifkan Mode Device Care
Aktifkan Mode Device Care

Mengaktifkan mode device care salah satu cara mengatasi handphone disadap dengan mudah. Mode ini dirancang khusus untuk membantu pengguna memantau dan mengoptimalkan kinerja perangkat dengan membersihkan penyimpanan, mengoptimalkan penggunaan baterai, dan memantau aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Gunakan Kode Rahasia untuk Menghentikannya

Cara mengatasi ponsel yang disadap yaitu menggunakan kode rahasia khusus di #002#. Kode angka ini diklaim mampu menghentikan bentuk penyadapan yang sedang berjalan di perangkat ponsel.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kode *#61# untuk menghentikan tindakan penyusupan pada ponsel atau kode *#62# untuk memverifikasi nomor pengalihan atau call forwarding.

Factory Reset

Melakukan Factory Reset atau reset ulang perangkat seperti awal membeli perangkat tersebut bisa menjadi cara mengatasi handphone disadap.

Tindakan ini merupakan pertolongan pertama yang bisa dicoba, karena akan menghapus semua aplikasi termasuk aplikasi tersembunyi yang mungkin terdapat di dalam ponsel. Dengan begitu, segala aktivitas penyadapan tidak akan bisa dilajutkan oleh pelaku.

Cara Cek HP Disadap dari IMEI

Cara Cek HP Disadap dari IMEI
Cara Cek HP Disadap dari IMEI

Untuk cara mengetahui Hp disadap diatas, sebaiknya segera mengambil tindakan dengan cara mengecek terlebih dahulu apakah perangkat yang digunakan terindikasi penyadapan melalui IMEI.

Baca Juga :  Hp Ram 8gb Baterai 6000 Mah Dibawah 2 Juta

Ini bisa dilakukan dengan menggunakan nomor seri perangkat, dimana terdapat dua kode yang bisa diakses seperti :

  1. #60# untuk melihat apakah terdapat penyadapan yang sedang berjalan di perangkat.
  2. 361# untuk mengecek IMEI yang sedang menyadap perangkat mu.

Kedua kode nomor tersebut telah terbukti berhasil mengatasi hp disadap, untuk itu pastikan tidak salah menggunakan kode IMEI yang disarankan.

Tips Mencegah Hp Disadap

Agar smartphone yang dimiliki terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan, seperti di sadap atau di retas, ada beberapa tips mencegahnya yang bisa kamu coba dibawah ini.

  • Waspadai Aplikasi yang Mencurigakan – Pastikan menginstall aplikasi dari toko resmi, seperti Google Play Store atau App Store. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.
  • Gunakan Kode Keamanan yang Kuat – Aktifkan kunci layar atau kode PIN yang kuat untuk mengunci perangkat. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor apabila aplikasi mendukung fitur tersebut.
  • Periksa Izin Aplikasi – Selalu periksa izin aplikasi yang diminta sebelum menginstalnya. Jika aplikasi meminta izin yang tidak relevan dengan fungsinya, pertimbangkan untuk tidak menginstalnya.
  • Perbaharui Perangkat Lunak – Pastikan untuk selalu memperbaharui perangkat lunak Hp secara berkala dan semua aplikasi ke versi terbaru. Karena pembaharuan sering mencakup perbaikan keamanan yang penting untuk melindungi perangkat dari kerentanan peretasan.
  • Hindari Klik Tautan dan Lampiran Email – Pastikan tidak mengklik tautan atau lampiran dari email yang mencurigakan atau tidak dikenal. Karena ini bisa menjadi trik phising yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi pengguna.
  • Jaga Keamanan Jaringan WiFi – Hindari menggunakan jaringan WiFi publik yang tidak aman dan gunakan VPN untuk enkripsi data saat terhubung ke jaringan WiFi publik
  • Perhatikan Aktivitas Mencurigakan – Waspadai tanda-tanda aktivitas mencurigakan, seperti peningkatan penggunaan baterai atau data yang tidak wajar, aplikasi yang berjalan sendiri, atau pesan aneh yang muncul dilayar.

Postingan Menarik Lainnya : 13 Aplikasi Sadap WA Yang Bisa Disembunyikan, Aman Untuk Android Dan iOS

Kesimpulan

Cara Mengetahui HP Disadap
Cara Mengetahui HP Disadap

Nah, itulah beberapa cara mengetahui Hp disadap yang wajib kamu waspadai. Apabila ciri-ciri diatas sedang terjadi pada perangkat yang digunakan, sebaiknya segera ambil tindakan dengan melakukan beberapa langkah cara mengatasi ponsel disadap yang telah dijelaskan sebelumnya. Hindari mengklik link tautan yang dikirimkan melalui email, pesan, atau WhatsApp.

Artikel Menarik Lainnya