Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron Melalui 8 Urutan Langkah

Mengetahui cara menggunakan kulkas baru merk Polytron dengan benar merupakan langkah awal yang penting, untuk memastikan peralatan ini dapat berfungsi secara optimal dan bertahan lama.

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah dalam cara menggunakan kulkas baru merk Polytron dan tips penting agar kulkas dapat awet digunakan. Pastikan kamu menyimak penjelasan kami hingga tuntas yah!

Mengenal Kulkas Merk Polytron

Kulkas Polytron
Kulkas Polytron/ Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron

Polytron adalah salah satu merek elektronik lokal atau yang berasal dari Indonesia, yang memproduksi berbagai macam peralatan rumah tangga, termasuk salah satunya kulkas. Harga yang bersahabat dan kualitasnya yang unggul menjadi alasan kenapa banyak orang yang menyukai produk kulkas dari Polytron.

Selain itu, kulkas Polytron dikenal memiliki desain yang stylish dan elegan, cocok untuk berbagai jenis interior rumah. Menggunakan teknologi pendinginan terbaru dan fitur hemat energi, yang membantu mengurangi konsumsi listrik dan biaya operasional nya.

Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron

Menggunakan kulkas baru dengan benar sangatlah penting demi memastikan efisiensi dan daya tahan peralatan. Untuk kamu yang saat ini baru saja membeli kulkas merk Polytron, berikut kami tunjukkan langkah yang benar dalam cara menggunakan kulkas baru merk Polytron.

  • Pindahkan Kulkas Secara Vertikal

Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron
Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron

Ketika kulkas baru dibeli, pastikan saat memindahkannya ke rumah, kulkas dibawa dalam posisi vertikal/ tegak, karena banyak orang yang mengangkat atau membawa kulkas secara horizontal/ tertidur, sehingga membuat oli kompresor tumpah dan mengenai pipa di dalam kulkas.

Baca Juga :  5 Cara Melihat Kembali View Once Di Whatsapp, Mudah dan Tanpa Aplikasi Tambahan!

Perlu diingat bahwa ini merupakan kesalahan fatal yang bahkan bisa berujung membuat kulkas tidak dapat digunakan dengan baik!

  • Pilih Peletakan Kulkas yang Tepat

Setelah kulkas dipindahkan ke dalam rumah, langkah berikutnya adalah memilih peletakan kulkas yang tepat. Tempatkan kulkas di area yang rata dan berventilasi baik, jauh dari sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya.

Selain itu, pastikan ada jarak yang cukup antara dinding dan kulkas untuk sirkulasi udara yang baik, agar panas dari mesin kulkas bisa terbuang dengan sempurna.

  • Stabilkan Kulkas

Jika sudah meletakkan kulkas dalam posisi yang benar, selanjutnya biarkanlah kulkas berdiri tegak selama 3 hingga 4 jam sebelum menyalakan nya. Langkah ini dilakukan agar oli kompresor mengalir kembali ke tempat yang benar atau semula.

  • Nyalakan Kulkas

Setelah membiarkan kulkas selama beberapa jam, sekarang kamu sudah bisa menyalakan kulkas. Sambung kan kabel kulkas ke stop kontak, usahakan ke stop kontak utama yang biasanya menempel langsung di dinding (bukan stop kontak kabel). Hal ini karena kulkas merupakan alat elektronik yang memerlukan daya yang lebih besar.

  • Atur Suhu Kulkas

Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron
Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron

Langkah berikutnya dalam cara menggunakan kulkas baru merk Polytron adalah mengatur suhu kulkas. Aturlah suhu kulkas yang sesuai! Biasanya pengaturan suhu awal untuk kulkas adalah 4–5 derajat celcius, sedangkan untuk freezer adalah -18 derajat celcius.

  • Biarkan Kulkas Dingin atau Mencapai Suhu Stabil

Setelah suhu kulkas sudah diatur dengan benar, jangan langsung memasukkan makanan ke dalam kulkas. Tapi biarkanlah kulkas beroperasi selama beberapa jam (2-3 jam) hingga mencapai suhu yang stabil.

Usahakan pada saat membiarkan kulkas mencapai suhu stabil, anda tidak membuka tutup pintu kulkas maupun freezer agar distribusi udara dingin nya lekas merata.

  • Masukkan dan Susun Makanan ke dalam Kulkas

Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron
Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron

Langkah yang anda tunggu-tunggu pastinya, setelah membiarkan kulkas mencapai suhu stabilnya, sekarang saatnya anda sudah bisa memasukkan stok makanan anda ke dalam kulkas.

Jangan asal menyusun begitu saja, berikut kami berikan anda panduan tentang cara yang benar dalam penyusunan makanan ke dalam lemari pendingin.

  1. Rak kulkas – Simpan makanan yang sering digunakan pada bagian rak kulkas, tujuannya adalah agar lebih mudah dijangkau saat akan digunakan. Letakkan makanan yang mudah rusak pada rak yang lebih dingin.
  2. Laci buah dan sayuran – Gunakan laci kulkas untuk menyimpan buah dan sayuran, agar bisa tetap segar lebih lama.
  3. Pintu kulkas – Untuk jenis lainnya seperti minuman dan bumbu-bumbu, anda bisa meletakkannya pada bagian pintu kulkas.
  • Perhatikan Perawatan dan Pemeliharaan Kulkas yang Baik

Setelah melakukan semua langkah dalam cara menggunakan kulkas baru merk Polytron diatas, bagian terakhir yang perlu diperhatikan pemeliharaan dan perawatan kulkas yang baik. Dalam hal ini, anda beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah:

  1. Lakukan pembersihan kulkas secara berkala dengan menggunakan lap atau tissu. Hindari menggunakan bahan kimia keras.
  2. Periksa gasket atau karet pintu, agar tetap bersih dan dalam kondisi baik, sehingga efisiensi energi tetap terjaga dengan baik.
  3. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh, agar udara dingin dalam kulkas dapat bersirkulasi dengan baik.
Baca Juga :  Begini 7 Cara Transfer Pulsa Telkomsel Tanpa Biaya Dengan Mudah

Tips Agar Kulkas Merk Polytron Awet Digunakan

Tips Agar Kulkas Awet Digunakan
Tips Agar Kulkas Awet Digunakan

Memastikan kulkas tetap awet dan berfungsi secara optimal memerlukan perawatan dan penggunaan yang tepat. Oleh karena itu, selain membagikan informasi mengenai cara menggunakan kulkas baru merk Polytron, dalam artikel ini kami juga akan memberikan beberapa tips agar kulkas dapat lebih awet digunakan.

1. Memperhatikan Lokasi atau Penempatan Kulkas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu hal yang penting diperhatikan dalam penggunaan kulkas adalah letak penempatan nya.

Pastikan anda meletakkan kulkas dalam posisi yang benar. Jauh dari sinar matahari langsung, serta beri jarak minimal 10 cm ke tembok atau benda lain yang menutupi permukaan kulkas. Langkah ini dapat membuat kulkas menjadi awet digunakan.

2. Jangan Memasukkan Makanan Panas ke dalam Kulkas

Salah satu juga kebiasaan orang-orang  yang sering kali terjadi dan sebenarnya merusak kulkas adalah karena langsung memasukkan makanan panas ke dalam kulkas.

Perlu untuk diingat, jangan langsung memasukkan makanan panas ke dalam kulkas, karena bisa meningkatkan suhu dalam kulkas.

3. Lakukan Pembersihan Kulkas Secara Berkala

Jika ingin kulkas awet digunakan, pastikan anda memperhatikan kebersihan nya. Bersihkanlah bagian dalam kulkas dengan menggunakan lap basah.

Selain itu, bersihkan juga bagian kondensor yang terletak di bagian belakang kulkas (minimal 1 kali 6 bulan) untuk menjaga efisiensi operasional nya. Anda bisa menggunakan bantuan kuas atau alat penyedot debu.

4. Membersihkan Bunga Es Kulkas

Perlu untuk diketahui bahwa, bunga es yang terlalu tebal dapat merusak komponen-komponen kulkas seperti kipas pendingin, sensor suhu, atau pun bagian dalam lainnya.

Baca Juga :  4 Cara Pinjam Uang 30 Juta Tanpa Jaminan Anti Gagal!

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk membersihkan bunga es kulkas secara berkala untuk mencegah penumpukan es yang berlebihan.

Namun perlu untuk diingat, jangan coba-coba menggunakan benda keras atau tajam untuk membersihkan bunga es. Jangan juga gunakan air panas untuk mencairkan es secara cepat.

Jika kulkas anda tidak memiliki fitur defrost otomatis, maka cairkan lah freezer secara manual, yakni dengan mematikan kulkas dan membiarkan bunga es mencair dengan sendirinya dalam beberapa waktu.

5. Buka Pintu Kulkas Secara Singkat

Tips yang terakhir agar kulkas awet digunakan adalah menghindari kebiasaan membuka pintu kulkas dalam waktu lama. Bukalah pintu kulkas hanya saat diperlukan dan segera tutup kembali untuk menghindari masuknya udara hangat.

Akhir Kata

Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron
Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron

Dengan mengikuti panduan dan tips dalam cara menggunakan kulkas baru merk Polytron seperti yang telah kami jelaskan diatas, anda dapat memastikan kulkas baru merk Polytron anda dapat berfungsi dengan baik dan memiliki umur pakai yang panjang.

bhinneka.com

Artikel Menarik Lainnya