Cara Mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan

Cara mengatasi kartu tri tidak ada layanan cukup mudah dengan melakukan registrasi terlebih dahulu, hal ini berlaku untuk kartu yang baru saja anda beli. Namun beda halnya jika kartu kamu sudah dalam masa penggunaan, beda kasus yang membuat perbedaan pemecahan masalah berdasarkan jaringan yang hilang.

Layanan jaringan yang hilang pada Kartu Tri pada umumnya disebabkan oleh koneksi provider yang bermasalah, ditandai dengan hilangnya bar sinyal pada smartphone. Nah dari masalah ini kita harus tahu dulu apa yang penyebabnya lalu baru kita simpulkan cara mengatasi kartu Tri tidak ada layanan-nya.

Namun kendala jaringan Tri ini juga disebabkan oleh beberapa alasan lainnya, contoh lainnya karena kartu Tri yang digunakan sudah kedaluwarsa atau expired selian itu kerusakan fisik juga mempengaruhi layanan jaringan dari provider Tri.

Sehingga mengganggu akses layanan aktivitas internet, telepon, hingga SMS yang tidak akan bisa digunakan.

Apa Yang Dilakukan Jika Kartu SIM Tidak Ada Layanan?

Kartu SIM tidak ada layanan sering terjadi pada beberapa provider, anda jangan panik jika layanan pada kartu SIM hilang alias tidak tersedia.

Silahkan ikuti langkah awal di bawah ini agar layanan jaringan anda kembali normal seperti biasanya, berikut tahapanya:

  • Cek Sinyal: Pastikan jaringan provider yang diakses tersedia di wilayah saat ini.
  • Mulai Ulang Perangkat: Coba restart perangkat anda agar jaringan dapat terhubung ulang sampai normal.
  • Cek Kartu SIM: Pastikan kartu SIM terpasang dengan benar dan tidak pastikan SIM tidak lecet atau telah usang.
  • Cek Konsol Jaringan: Cek juga konsol pengaturan jaringan ponsel atau modem dengan mengaktifkan data seluler.

Dengan langkah-langkah di atas, anda sudah bisa mengambil langkah awal saat layanan jaringan tidak tersedia pada provider yang anda gunakan. Termasuk untuk provioder Telkomsel, Axis, Indosat, Tri, Dan XL.

Penyebab Kartu Tri Tidak Ada Layanan Bar Sinyal

Penyebab Kartu Tri Tidak Ada Layanan Bar Sinyal
Penyebab Kartu Tri Tidak Ada Layanan Bar Sinyal

Seperti di penjelasan awal bahwa kartu Tri yang tidak terdaftar pada layanan disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kartu Tri belum di Registrasi.

Selain itu bar jaringan tidak akan muncul di layar smartphone anda, oleh sebab itu yuk disimak dulu penyebab Kartu Tri tidak ada layanan di bawah ini:

Baca Juga :  7 Cara Pinjam Pulsa Telkomsel 50 Ribu, Mudah dan Praktis!

Sebelumnya, yuk cobain bebarengan dengan Cara Cek Hutang Pulsa Tri Dengan Cepat dan Praktis.

  • Gangguan Layanan Tri

Penyebab kartu Tri tidak ada layanan pertama dikarenakan layanan provider Tri sedang bermasalah atau gangguan contoh kecilnya adalah lokasi yang ditempati jauh dari jarak pandang sinyal jaringan pada daerah tersebut.

Sehingga tidak akan tersedia layanan jaringan Kartu Tri, otomatis layanan Tri akan melemah bahkan tidak dapat berfungsi dengan baik saat ingin mengakses telepon dan internet.

  • Provider Tri Error

Bukan hanya dari jarak pandang jaringan saja yang menyebabkan kartu Tri tidak ada layanan tetapi bisa juga disebabkan oleh sistem layanan Tri yang sedang error karena adanya server Maintenance.

Hal seperti ini sangat umum terjadi di beberapa waktu, karena adanya pembaharuan atau update sistem pada provider Tri maka untuk sementara Kartu Tri tidak dapat digunakan untuk mengakses layanan internet maupun telepon.

  • Kartu Tri Sudah Mati (Tidak Aktif)

Apakah kartu 3 yang sudah mati bisa diaktifkan kembali? Kartu Tri yang sudah mati dapat diaktifkan kembali dengan menghubungi layanan call service Tri di [email protected].

Kartu Tri yang sudah tidak aktif atau mati tidak akan dapat digunakan, otomatis jika sudah benar di masukkan pada slot Sim kartu tidak akan terbaca sama sekali.

  • Kerusakan Komponen Sim Smartphone

Penyebab ini mungkin sangat jarang terjadi namun bisa saja untuk beberapa pengguna smartphone sering kali tidak memperhatikan komponen smartphone mereka dengan baik.

Komponen dari perangkat samrtphone yang rusak sering membuat Kartu SIM tidak dapat terbaca oleh sistem. Umumnya penyebab seperti ini dikarenakan smartphone yang digunakan tidak support kartu GSM dari layanan provider Tri.

  • Posisi Kartu Tri Tidak Tepat

Sebagai pengguna kartu Sim yang bijak kita harus memperhatikan penempatan slot SIM yang benar dan sesuai dengan petunjuk pada samrtphone yang digunakan.

Kartu SIM memiliki potongan sudut yang harus disesuaikan dengan posisi slot Sim pada smartphone yang digunakan. Jika posisi kartu SIM tidak benar tentu menyebabkan kartu Tri tidak terbaca.

  • Kartu Tri Rusak Atau Tergores

Apakah anda tipe pengguna yang sering gonta ganti Kartu SIM? Jika iya, mungkin saja tembaga pada kartu SIM Tri yang digunakan sudah usang dan rusak.

Jika sudah usang dan rusak slot SIM Smartphone tidak akan dapat membaca layanan kartu Tri yang dimasukkan. Penting sekali untuk selalu menjaga kebersihan dari Kartu yang digunakan.

Baca Juga :  3 Cara Beli Paket Xl Tanpa Aplikasi Mudah dan Praktis

Asal kalian tahu kala kuningan kartu SIM berfungsi untuk membaca atau mentransfer data dari SIM sehingga ketika rusak sedikit saja akan menyebabkan kartu Tri error.

  • Lokasi Tidak Mendukung Jaringan Tri

Terakhir lokasi yang tidak mendukung jaringan Tri sepenuhnya menjadi masalah serius kenapa Kartu Tri tidak ada layanan. Provider Tri belum mencakup seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah pedalaman dan pegunungan.

Lokasi yang belum terjangkau oleh jaringan Tri menyebabkan sinyal Tri kehilangan arah, sehingga akan muncul notifikasi tidak ada layanan akibat koneksi jaringan provider hilang.

Bagaimana Cara Mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan?

Bagaimana Cara Mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan?
Bagaimana Cara Mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan?

Penjelan mengenai penyebab kartu Tri tidak ada layanan di atas dapat membantu anda untuk mengetahui rincian lebih jelasnya tentang masalah jaringan pada kartu SIM anda.

Lalu bagaimana cara mengatasi Kartu Tri tidak ada layanan sama sekali? Mungkin kamu dapat mengikuti beberapa praktiknya di bawah ini, karena pada umumnya masalah jaringan pada smartphone sangat mudah di atasi.

Namun pastikan nomor tri anda sudah diregistrasi melalui https://registrasi.tri.co.id/.

  • Keluarkan Dan Pasang Ulang Kartu Tri

Cara mengatasi Kartu Tri tidak ada layanan pertama dengan melepas ulang kartu Sim yang terpasang.

Biasanya cara ini berfungsi untuk slot SIM yang berfung Abnormal di luar batasan smartphone.

  1. Lepas kartu SIM Tri yang terpasang.
  2. Silahkan cek apakah kartu SIM masih layak untuk digunakan.
  3. Pasang kembali kartu SIM sesuai slot SIM yang tersedia.
  4. Pastikan kartu SIM sudah terpasang sesuai posisi slot.
  5. Silahkan restart atau hidupkan ulang smartphone anda.

Apabila jaringan TRI masih belum tersedia silahkan coba tempatkan Kartu SIM TRI anda di smartphone lain, agar anda dapat mengetahui apakah Kartu Sim masih layak untuk digunakan.

  • Aktifkan Mode Pesawat Untuk Restart Jaringan

Aktifkan Mode Pesawat Untuk Restart Jaringan
Aktifkan Mode Pesawat Untuk Restart Jaringan

Cara mengatasi Kartu Tri tidak ada layanan kedua ialah dengan mengganti jaringan beberapa saat dengan fitur mode pesawat.

Tujuannya untuk memperbaharui dan mendapatkan jaringan terbaru dari sistem smartphone yang sedang error.

  1. Cari mode pesawat dengan menarik layar kebawah dan akan muncul Pengaturan cepat.
  2. Pilih mode pesawat dengan logon pesawat.
  3. Otomatis jaringan ponsel akan hilang dan 1 sampai 5 menit.
  4. Setelah itu matikan kembali mode pesawat dan hidupkan data seluler.
  5. Jika berhasil, layanan jaringan TRI akan muncul dan berjalan normal.

Cobain juga tips dan trik Cara Tukar Poin Tri Lewat SMS Tanpa Kuota Terbaru.

  • Lakukan Factory Reset

Lakukan Factory Reset
Lakukan Factory Reset

Factory reset merupakan cara khusus untuk mengembalikan smartphone pada menua awal pembaharuan ponsel pertama kali.

Cara ini sering dilakukan untuk mengatasi kerusakan semua sistem operasi yang bermasalah termasuk tidak ada layanan jaringan.

Namun anda harus tahu, bahwa cara mengatasi Kartu Tri tidak ada layanan dengan Fatory Reset akan menghapus semua data di ponsel anda.

  1. Buka Pengaturan pada smartphone anda.
  2. Scroll ke bawah klik Sistem.
  3. Scroll dan pilih Tentang Ponsel.
  4. Kemudian cari opsi Reset Pabrik.
  5. Konfirmasi dengan memasukkan sandi smartphone.
  • Ganti Atau Bersihkan Kartu TRI

Kartu TRI yang sudah usang atau expired menjadi penyebab layanan provider jaringan tidak terbaca pada smartphone.

Baca Juga :  Mengenal Penyebab Kenapa Suara HP Kecil Padahal Volume Full dan Cara Mengatasinya Terbaru 2024

Cara mengatasi kartu tri tidak ada layanan adalah dengan membersihkan slot SIM atau Kartu SIM sebelum dipasangkan ulang, agar dapat terbaca oleh sistem operasi smartphone.

Untuk membersihkan slot atau Kartu Tri dapat dilakukan dengan mengelap bagian tembaga emas menggunakan tisu dengan cara yang lembut.

Sehingga kotoran yang menempel hilang dari slot kartu SIM, jika kartu tidak dapat terbaca artinya segera ganti Kartu TRI anda jadi yang terbaru di outlet TRI daerah anda.

  • Cek Koneksi Jaringan Kartu Tri (Lokasi)

Mengapa ponsel saya mengatakan tidak ada layanan? Jaringan yang hilang biasanya ditujukan berdasarkan lokasi yang dikunjungi, selalu pastikan bahwa koneksi TRI sampai pada tempat yang anda kunjungi saat ini.

Oleh sebab itu sebelum menggunakan layanan dari TRI penting sekali untuk memastikan bahwa wilayah yang dituju mendukung provider jaringan TRI, agar anda dapat menyiapkan kartu tambahan yang dapat mengakses lokasi jaringan di daerah yang dikunjungi.

  • Perbaiki Slot SIM Atau Smartphone Anda

Perbaiki Slot SIM Atau Smartphone Anda
Perbaiki Slot SIM Atau Smartphone Anda

Jika masalahnya pada ponsel yang digunakan, silahkan membawa smartphone anda ke tempat service terpercaya, sebelum membawa ketempat service ada baiknya anda mencadangkan data yang diperlukan terlebih dahulu.

Selain itu pastikan di ponsel anda tidak ada konten pribadi atau vulgar yang anda simpan secara pribadi, untuk menghindari pencurian media pribadi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Hubungi Layanan Bantuan Tri

Jika kendala anda tidak terselesaikan juga dengan cara diatas, maka satu-satunya cara mengatasi kartu tri tidak ada layanan yang dapat dilakukan adalah dengan menghubungi customer service Tri.

Customer service Tri biasanya akan menjawab dengan cepat keluhan dari seluruh pengguna, untuk kontaknya ada di bawah berikut ini.

Email [email protected]
Telepon 132/0896 44000 123
Facebook Tri Indonesia
Twitter TriIndonesiaCare
Telegram @3CareIndonesia

Kesimpulan

Cara Mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan
Cara Mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan

Cara mengatasi kartu tri tidak ada layanan kali ini dapat anda lakukan langsung di provider Tri yang sedang digunakan, umumnya sih masalah masalah di atas sangat sering terjadi dalam beberapa kondisi wilayah atau masalah pada smartphone itu sendiri. Jadi silahkan cek beberapa apn jaringan yang digunakan sebelum melanjutkan cara mengatasi kartu tri tidak ada layanan di atas, jika ada kesalahan dalam artikel ini sekiranya dapat dimaafkan.

Artikel Menarik Lainnya