4 Cara Mengatasi Akun Kredivo Ditangguhkan

Bagaimana cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan? Salah satu pencarian populer belakangan ini sejak kehadiran Kredivo, layanan paylater dan pinjaman uang tunai tanpa agunan yang diminati masyarakat tanah air.

Seperti aplikasi pinjaman dan paylater yang lain, Kredivo menetapkan syarat dan ketentuan jika anda ingin mencairkan dana darurat melalui layanan mereka. Sayangnya, pengguna sering lalai dan membuat akun ditangguhkan. Hal tersebut membuat mereka sulit mengakses pinjaman yang baru lantas mencari cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan.

Berikut Beadaily jabarkan penyebab dan cara mengatasi akun kredivo ditangguhkan khusus bagi anda yang mengalami kendala yang sama!

Apa yang Dimaksud dengan Akun Kredivo Ditangguhkan?

Apa yang Dimaksud dengan Akun Kredivo Ditangguhkan?
Apa yang Dimaksud dengan Akun Kredivo Ditangguhkan?

Akun Kredivo yang ditangguhkan adalah kondisi dimana akses fitur tertentu Kredivo dibatasi sementara oleh penyedia. Saat akun terblokir sementara atau ditangguhkan, anda tidak bisa menggunakan layanan pinjaman atau paylater.

Jadi, pembatasan ini dilakukan karena pengguna tidak mengikuti syarat dan ketentuan Kredivo termasuk dalam hal pembayaran tagihan mereka. Lantas apa saja sih penyebab akun diblokir? Sebelum lebih dalam mengulik cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan, ketahui penyebabnya melalui pembahasan dibawah.

Penyebab Kredivo Ditangguhkan

Dengan hadirnya aplikasi paylater dan pinjaman uang tunai seperti Kredivo tentu sangat membantu masyarakat yang membutuhkan dana darurat karena mereka menawarkan proses registrasi dan pencairan cepat. Hanya saja, tidak semua pengguna memperhatikan syarat dan ketentuan yang beresiko pada akun mereka.

Berikut penyebab umum akun kredivo ditangguhkan:

  • Terlambat Membayar Cicilan

Jika pengguna terlambat atau belum memenuhi kewajiban bulanan atas pembelian dan pencairan dana yang dibuat sebelumnya maka Kredivo akan memblokir akun sementara. Penangguhan hanya dilakukan pada fitur-fitur tertentu termasuk akses pinjaman baru.

  • Aktivitas Mencurigakan

Pembatasan akun juga dilakukan jika Kredivo mendeteksi aktivitas mencurigakan seperti logout dan login berulang-ulang dan di ponsel berbeda. Kredivo menindak tegas dengan menangguhkan akun demi melindungi limit dan pencairan dana diluar kendali pengguna.

  • Penilaian Risiko

Selain keterlambatan membayar cicilan dan aktivitas yang mencurigakan, Kredivo juga melakukan penilaian risiko terhadap riwayat pembayaran pengguna. Jika sebelumnya anda selalu membayar melewati tanggal jatuh tempo, kemungkinan besarnya limit sulit dikembalikan dan beresiko tinggi ditangguhkan.

Baca Juga :  3 Cara Cek Bantuan Simpel Bri Lewat HP

Ini dilakukan Kredivo untuk menjaga sistem operasi tetap lancar. Jadi mereka membatasi akun karena anda dinilai tidak memiliki kemampuan membayar berdasarkan syarat dan ketentuan yang di sepakati.

Apakah Akun Kredivo yang Ditangguhkan Bisa Dipulihkan?

Apakah ada cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan? Sebelum lebih lanjut membahas hal tersebut, ketahui lebih dulu apakah akun yang dibatasi sementara bisa dipulihkan atau sebaliknya. Ya, akun Kredivo yang ditangguhkan bisa dipulihkan oleh penggunanya.

Anda bisa mengikuti prosedur yang berlaku untuk memulihkan akun kembali. Namun sebelumnya, pastikan kembali penyebab pembatasan akun apakah keterlambatan pembayaran, aktivitas mencurigakan atau penilaian risiko yang dilakukan sistem.

Dengan mengetahui penyebanya, cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan semakin mudah. Dengan kata lainnya, anda hanya perlu fokus pada satu solusi saja sesuai penyebab pemblokiran tersebut.

Bacaan lainnya: Cara Gestun Kredivo Sendiri Langsung Cair 24 Jam

Cara Mengatasi Akun Kredivo Ditangguhkan

Cara Mengatasi Akun Kredivo Ditangguhkan
Cara Mengatasi Akun Kredivo Ditangguhkan

Jika sudah mengetahui penyebab akun dibatasi sementara, saatnya anda memahami cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan. Sesuai penyebabnya, inilah langkah-langkah yang dapat diambil pengguna untuk mengembalikan akses keseluruhan fitur aplikasi Kredivo:

1. Lakukan Pembayaran Tagihan

Cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan karena telat atau belum melakukan pembayaran sama sekali yakni melunasi kewajiban bulanan anda. Seperti halnya aplikasi pinjaman yang lain, Kredivo akan mengembalikan limit transaksi setelah pengguna melakukan pembayaran tagihan.

Jika pembatasan akun karena keterlambatan pembayaran, segera lunasi untuk mengembalikan akses seperti semula. Hampir keseluruhan pengguna Kredivo yang memiliki riwayat telat bayar mengklaim hal tersebut, pembayaran akan diproses 3 jam setelah konfirmasi dan pengguna bisa mengakses dan menggunakan limit baru.

Baca Juga :  3 Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati

2. Cek Aktivitas Akun

Periksa aktivitas anda untuk mengatasi akun yang ditangguhkan. Untuk riwayat login akun kredivo memang tidak bisa terlihat, hanya saja jika akun melakukan pembelian atau pencairan dana diluar kendali anda, berarti ada aktivitas yang mencurigakan.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti:

  • Pertama-tama silahkan masuk ke dalam aplikasi Kredivo di ponselmu
  • Klik ikon notifikasi di pojok kanan atas beranda
  • Lalu filter notifikasi ke transaksi
  • Setelah itu akan ditampilkan riwayat pencairan/pembelian atau pembayaran sebelumnya jika ada
  • Atau klik “transaksi” lalu periksa tagihan untuk melihat apakah ada pencairan diluar kendali anda

Jika anda menemukan aktivitas yang mencurigakan, hubungi layanan pelanggan atau perkuat keamanan akun mu. Pergi ke halaman akun > keamanan > ganti PIN dan atur sidik jari.

3. Hubungi Layanan Pelanggan

Hubungi Layanan Pelanggan
Hubungi Layanan Pelanggan

Cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan yang selanjutnya yaitu menghubungi layanan pelanggan untuk menjelaskan kendala akses anda. Ini juga bisa dilakukan jika ada aktivitas akun yang mencurigakan, cukup hubungi layanan pelanggan melalui kontak di bawah:

  • Live chat aplikasi Kredivo, buka akun > pusat bantuan > masukkan topik gagal akses akun maka akan muncul solusi yang tepat
  • Email: [email protected]
  • Telepon: 0807-1-573348

4. Tunggu Konfirmasi

Jika sudah melakukan tiga cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan diatas, anda bisa menunggu konfirmasi dari pihak Kredivo. Biasanya untuk pengaktifkan akun setelah pelunasan cicilan yang sudah jatuh tempo akan diproses langsung, selambat-lambatnya 3 jam setelah konfirmasi penerimaan dana.

Namun pembatasan akses sementara karena aktivitas mencurigakan dan penilaian risiko mungkin butuh waktu yang lebih lama. Layanan pelanggan dan kredivo akan mengirim notifikasi saat semua fiturnya bisa diakses kembali.

Apakah Akun Bisa Diblokir Jika Handphone Hilang atau Dicuri?

Pengguna Kredivo perlu juga mengetahui berbagai upaya jika handphone hilang atau dicuri, apakah akun diblokir otomatis untuk mencegah transaksi atau sebaliknya. Jika ponsel anda terjatuh atau dicuri, silahkan hubungi pihak Kredivo untuk melindungi limit akun tersebut.

Nantinya customer service akan memeriksa dan melindungi akses akun dengan unlink dari perangkat lama. Setelahnya anda bisa login di perangkat baru dengan memasukkan nomor handphone, PIN dan verifikasi OTP. Kredivo mewajibkan anda melakukan verifikasi tambahan dengan foto selfie.

Baca Juga :  Dijamin Jitu! 12 Cara Jadi Reseller Top Up Game Yang Sukses!

Kredivo mungkin bisa mendeteksi aktivitas mencurigakan namun sebagai pengguna anda harus sigap untuk menjaga limit dan transaksi tetap terkendali.

Tips Menggunakan Kredivo dengan Bijak

Dengan memahami cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan, tentu anda ketahui salah satu penyebab penangguhan karena terlambat membayar tagihan. Perlu disadari aplikasi pinjaman dan paylater seperti Kredivo harus digunakan dengan bijak agar tidak menimbulkan beban finansial.

Tips Menggunakan Kredivo dengan Bijak
Tips Menggunakan Kredivo dengan Bijak

Selain beban bunga dan biaya keterlambatan yang tinggi, Kredivo juga menimbulkan sikap konsumtif yang buruk. Jika tidak dikendalikan, pengguna mungkin membelanjakan dan membuat pinjaman untuk memenuhi keinginan.

Oleh karena itu, anda perlu memahami cara kerja dan menggunakan Kredivo dengan bijak. Berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan penting dalam menggunakan Kredivo:

  • Pahami Syarat dan Ketentuan

Meskipun membutuhkan dana darurat, sebaiknya teliti dan pahami syarat dan ketentuan berlaku. Syarat yang dimaksud adalah bunga, biaya layanan, biaya keterlambatan, tenor dan konsekuensinya. Jika sesuai dengan kondisi finansial anda, silahkan ajukan pinjaman tersebut.

  • Buat Rencana Anggaran

Sangat perlu membuat rencana anggaran sebelum menggunakan fitur paylater dan pinjaman dari Kredivo. Maksudnya jika kebutuhan anda belanja dengan paylater, maka anggarkan dana dan tidak melewati batas tersebut. Hal ini juga berlaku untuk pinjaman uang tunai.

  • Hanya Pinjam Jika Diperlukan

Selain memahami kemampuan membayar anda, gunakan Kredivo hanya untuk keperluan mendesak dan harus segera dipenuhi. Hutang biasanya tertimbun akibat kebiasaan belanja dan gaya hidup yang tidak sesuai pemasukan.

  • Gunakan Alternatif Lain

Jika memungkinkan, gunakan alternatif lain seperti meminjam uang dari keluarga dan orang-orang terdekat. Cara ini memungkinkan anda terlepas dari beban bunga, biaya layanan, denda dan sanksi hukum.

Penutup

Cara Mengatasi Akun Kredivo Ditangguhkan
Cara Mengatasi Akun Kredivo Ditangguhkan

Dengan memahami cara mengatasi akun Kredivo ditangguhkan anda bisa mengembalikan fitur-fitur yang sempat dibatasi. Selalu pastikan tagihan terbayar selambat-lambatnya di tanggal jatuh tempo, jaga keamanan akun dan paling penting gunakan Kredivo lebih bijak untuk menghindari beban finansial dan terjebak dalam hutang jangka panjang.

Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya