Cara Ambil Paket Sendiri di Shopee Express Hub 2024

Cara ambil paket sendiri di Shopee express hub merupakan alternatif mempercepat paket sampai pada anda selaku penerimanya. Dengan cara tersebut, paket tidak lagi dikirim melalui kurir yang biasanya memakan waktu lebih lama.

Hal ini sangat bermanfaat bagi pembeli yang tidak sabar menunggu paket atau mereka yang membutuhkannya lebih cepat dari perkiraan. Setelah tracking resi atau melacak di aplikasi shopee, anda bisa ambil paket sendirinya. Berikut akan dijelaskan mendetail cara ambil paket sendiri di Shopee express hub 2024.

Apakah Bisa Ambil Paket Sendiri di Shopee Express Hub?

Adakah cara ambil paket sendiri di Shopee express hub? Nah, sebelum membahas lebih lanjut cara ambil paket tentu anda perlu mengetahui apakah ambil paket sendiri dikehendaksi ekspedisi Shopee dan sebaliknya.

Shopee express sendiri merupakan layanan pengiriman barang dari shopee yang terbagi atas empat layanan yaitu Shopee express hemat, standart, sameday, dan instan. Setiap anda menggunakan layanan ini akan muncul status “Pesanan telah sampai di lokasi transit hub terakhir (kota tujuan)” yang berarti paket sudah sampai di gudang terakhir dan akan diantarkan kurir ke alamat penerima.

Lamanya paket dikirim setelah status muncul belum bisa dipastikan, namun biasanya akan sampai selambat-lambatnya 2×24 jam kerja. Kabar baiknya, Shopee express membebaskan kamu mengambil paket di lokasi hub terakhir. Jadinya paket tidak perlu dikirimkan melalui kurir yang mungkin lebih lambat dari perkiraanmu.

Syarat Ambil Paket Sendiri di Shopee Express Hub

Membahas lebih lanjut cara ambil paket sendiri di Shopee express hub, anda yang berniat mengambil barang lebih dini harus membawa syarat dari ekspedisi ini. Berikut syarat ambil paket yang perlu disiapkan:

  1. Membawa bukti pembelian. Pembeli wajib membawa bukti pembelian berupa nomor resi sebagai kepemilikan paket. Anda bisa menunjukkan status pemesanan di aplikasi Shopee, nantinya petugas akan memeriksa sebelum menyerahkan paket.
  2. Identitas sebagai bukti tambahan. Anda juga wajib menyertakan identitas berupa KTP
  3. Hanya bisa diambil setelah status “sudah tiba di Shopee Eksprees kota kamu” dan sebelum paket dibawa oleh kurir. Paket bisa diambil setelah status sampai di lokasi terakhir dan sebelum dibawa kurir. Jika status pengiriman paket dibawa kurir, berarti sudah tidak ada di gudang Shopee express dan sedang diantar ke alamat pembeli.
Baca Juga :  5 Cara Beli Paket Nex Parabola Online 2024

Cara Ambil Paket Sendiri di Shopee Express Hub

Setelah semua syarat telah dipenuhi, anda bisa ambil paket di Shopee express. Nantinya paket tidak lagi diantarkan kurir sebagai perantara pengiriman, hal ini memungkinkan anda mendapatkan barang lebih cepat atau ketika mendesak.

Cara Ambil Paket Sendiri di Shopee Express Hub
Cara Ambil Paket Sendiri di Shopee Express Hub

Berbicara cara ambil paket sendiri di Shopee express hub, berikut empat langkah-langkah pengambilan yang bisa dilakukan:

  • Cari Agen Shopee Express Terdekat

Cara ambil paket sendiri di Shopee express hub yang pertama adalah mencari agen terdekat. Caranya sangat mudah, cukup cari “Shopee express terdekat” di peramban, nanti akan muncul hasil relevan dan kalian bisa mengunjungi yang paling dekat dengan lokasi penerima (alamat tujuan paket).

Sementara itu, kalian perlu memastikan apakah paket sudah benar-benar sampai di lokasi hub terakhir. Informasi tersebut bisa anda lihat setekah tracking resi atau memeriksa status di aplikasi shopee.

  • Datangi dan Tunjukkan Nomor Resi

Lalu datangi Shopee express hub sesuai jam operasional. Jika ragu akan waktu operasional yang mungkin sudah diperbaharui, anda bisa menghubungi kontak tertera atau mencari tau jawaban melalui ulasan mereka.

Lalu cara ambil paket sendiri di Shopee express yang selanjutnya memberikan nomor resi kepada petugas. Mereka akan memeriksa kesesuaikan paket dengan resi pengiriman yang kamu berikan dan mungkin meminta bukti pemesanan melalui aplikasi. Tahap terakhir petugas akan memeriksa informasi pribadi berupa KTP. Jika sesuai anda akan menerima paket tersebut.

  • Periksa Paket

Jika paket sudah ditangan anda, segeralah periksa. Coba lihat melalui resi dan detail pengiriman barang, apakah sudah sesuai dengan yang dipesan. Namun untuk kesesuaikan isinya bukanlah tanggung jawab ekspedisi, untuk prosedurnya bisa anda lihat setelah unboxing paket dan menyertakan video.

  • Konfirmasi Pengambilan

Cara ambil paket sendiri di Shopee express hub yang terakhir yaitu konfirmasi pengambilan. Nanti petugas akan mengarahkan anda klik “pesanan diterima” di aplikasi Shopee lalu membubuhi tanda tangan penerimaan paket. Mungkin mereka juga membutuhkan bukti lain berupa foto anda beserta KTP dan paket tersebut.

Baca Juga :  5 Cara Mengetahui Orang Yang Membisukan Status WA Kita Dengan Mudah

Jika sudah mengonfirmasi berarti cara ambil paket sendiri di Shopee express hub telah dilakukan. Anda bisa membawa paket dengan resmi dari layanan pengiriman barang Shopee express.

Alasan Tidak Bisa Ambil Paket di Shopee Express Hub

Alasan Tidak Bisa Ambil Paket di Shopee Express Hub
Alasan Tidak Bisa Ambil Paket di Shopee Express Hub

Jika sudah memahami cara ambil paket sendiri di Shopee express hub maka anda juga perlu memahami bahwa pengambilan paket terkadang tidak bisa dilakukan. Hal ini berkaitan dengan syarat dan ketentuan berlaku dari layanan tersebut. Sebelum beranjak, baiknya pahami dulu beberapa alasan pembeli tidak bisa ambil paket di layanan hub terdekat.

1. Paket Sudah di Tangan Kurir

Seperti yang sudah dijabarkan, cara ambil paket sendiri di Shopee express hub hanya bisa dilakukan setelah barang diterima dan sebelum paket dibawa kurir. Jika status telah berubah itu berarti paket sudah tidak di agen, kurir akan membawa paket ke alamat tujuan.

Dalam hal ini anda hanya bisa menunggu kurir mengantar paket ke alamat penerima. Namun estimasi paket sampai tidak dipastikan, bisa saja pengiriman tertunda karena overload yang membuat kurir tidak berhasil mengirim semua paket di hari itu atau ada kendala cuaca yang mengharuskan pengiriman di lanjut esok hari.

2. Tidak Memenuhi Persyaratan

Untuk bisa ambil paket di Shopee express anda perlu melengkapi persyaratan seperti nomor resi dan data diri. Petugas akan memeriksa data pembeli, jika tidak dilengkapi maka anda tidak bisa menerima paket. Jika memungkinkan, bawalah ponsel yang memuat aplikasi Shopee ketika anda mengorder paket tersebut. Ini akan mempermudah proses pemeriksaan oleh petugas Shopee express.

3. Kebijakan Internal

Meskipun cara ambil paket sendiri di Shopee express hub mudah, perlu dipahami tidak semua memberikan layanan ambil paket sendiri. Ini bisa saja dilakukan untuk mencegah penipuan oleh pihak-pihak tertentu dan memastikan proses logistik berjalan lancar.

Beberapa pengguna layanan Shopee express mengklaim hal tersebut, meskipun membutuhkan paket lebih cepat pihak ekspedisi tidak melayani pengambilan barang sendiri. Anda hanya bisa bersabar menunggu barang diantarkan kurir, meskipun tidak kilat pengantaran selambat-lambatnya diproses dalam 2×24 jam kerja.

Bacaan menarik lainnya: Solusi Kepencet Pesanan Diterima Di Shopee

Baca Juga :  Cara Jadi Agen Diamond ML Murah Pasti Untung Besar 100%

Layanan Ambil Paket Sendiri oleh Shopee Express

Layanan Ambil Paket Sendiri oleh Shopee Express
Layanan Ambil Paket Sendiri oleh Shopee Express

Dengan dipahaminya bahwa tidak semua Shopee express memberikan layanan ambil paket sendiri, maka anda perlu memahami alternatif lain dalam pengiriman barang. Ekspedisi ini kemudian mengenalkan layanan ambil paket sendiri di lokasi agen SPX Express. Nanti akan muncul opsi ambil paket sendiri saat checkout di aplikasi.

Untuk layanan ambil sendiri, pesanan akan diantar oleh kurir SPX express menuju agen SPX express lalu pembeli akan mengambil paket di lokasi agen. Nanti kalian akan mendapatkan PIN melalui notifikasi aplikasi shopee saat paket sudah tiba di agen.

Setelahnya anda akan menerima notifikasi untuk ambil paket di haria kedua dan keempat setelah barang sampai di agen SPX express. Jika tidak diambil segera, paket otomatis dikembalikan ke penjual dalam waktu 5 hari terhitung sejak sampai di agen. Cara ini mungkin lebih efektif untuk pembeli yang membutuhkan paket lebih cepat dari biasanya, silahkan anda pilih opsi “ambil paket sendiri” saat checkout.

Penutup

Cara Ambil Paket Sendiri di Shopee Express Hub
Cara Ambil Paket Sendiri di Shopee Express Hub

Itulah syarat dan cara ambil paket sendiri di Shopee express hub yang dapat anda coba sebagai pelanggan. Penting untuk dipahami, paket hanya bisa diambil setelah status sampai di Shopee express dan sebelum dibawa kurir ke alamat tujuan. Jika status sudah berubah, pembeli bisa bersabar menunggu pengantaran kurir di hari tersebut.

Artikel Menarik Lainnya